Diriwayatkan bahwa terdapat tujuh orang yang bernama Muhammad sebelum datangnya Islam (disebutkan satu persatu oleh Al Qodhi ‘Iyadh di sini http://goo.gl/c6wnRF). Salah seorang dari mereka adalah penduduk kota Madinah yang kemudian beriman setelah Islam datang dan menjadi sahabat Rasulullah, yaitu Muhammad bin Maslamah Al Anshori. Ketika orang-orang jahiliyyah mendengar akan datang seorang Nabi yang bernama Muhammad, maka sebagian dari mereka menamai anak mereka dengan Muhammad dengan harapan anak tersebutlah yang akan menjadi Nabi.

Adapun orang yang pertama yang diberi nama Muhammad setelah datangnya Islam adalah sahabat Muhammad bin Hathib (sebagaimana diriwayatkan oleh Adz Dzahabi di Siyar A’lamin Nubala’ di sini: http://goo.gl/AU3okX). Muhammad bin Hathib ini pernah ketika masih kecil mengalami cedera. Ibunya kemudian membawanya menemui Rasulullah untuk didoakan. Rasulullah kemudian mendoakan dan seketika ia pun sembuh.

Dan di zaman ini, di tahun 2014, nama Muhammad merupakan nama yang paling banyak digunakan untuk bayi laki-laki di Inggris (silakan baca http://goo.gl/FUMiYh).